Search
  • Foodizz CorCom Team

Rahasia Teknik Foto Produk yang Mampu Dongkrak Penjualan Dibahas Tuntas



Bandung, 23 November 2021, Foodizz dan Pegadaian menggelar webinar keempat dalam rangkaian webinar “Edukasi Bisnis Kuliner: 1 Juta Jadi Pengusaha”, yang kali ini mengangkat tema “Foto Produk Menawan Hasil Jutaan”. Webinar yang dilaksanakan pada pk. 18.30 – 20.30 WIB ini ditujukan untuk menjawab kebingungan banyak pebisnis pemula tentang bagaimana menghasilkan foto produk yang mampu mendongkrak penjualan. Dalam kesempatan ini, webinar membuka mata para pelaku bisnis tentang betapa pentingnya kualitas sebuah foto produk dalam menunjang raihan omset dan, oleh karena itu, agar para pebisnis tidak membuatnya secara alakadarnya. Webinar dihadiri oleh 900 orang dan menghadirkan 2 narasumber, yakni Jiewa Vieri (Food Content Creator) dan Mery Andriati Surya (Assistant Vice President Marketing Communication Department PT. Pegadaian).


Seperti tema yang diusungnya, bahasan webinar berfokus pada pendekatan teknikal untuk menghasilkan foto produk yang menawan dan kekuatannya untuk hasilkan pendapatan bagi perusahaan. Hal ini penting untuk dikuasai oleh para pelaku bisnis mengingat bentuk-bentuk komunikasi digital yang saat ini tengah berkembang sangat menekankan pada aspek visual, salah satunya foto. Memiliki mindset yang tepat mengenai pesan dan cerita yang dibawa oleh setiap foto produk serta menghasilkannya dari berbagai perspektif yang komersial menjadi kunci keberhasilan.


Jiewa menekankan pentingnya kualitas foto produk dengan data bahwa konsumen hanya membutuhkan 2,3 detik saat melihat sebuah visual digital untuk kemudian membuat sebuah keputusan pembelian. Artinya, kesempatan sebuah brand untuk memikat calon konsumennya menjadi semakin sempit karena bersaing dengan ribuan konten visual lainnya setiap hari. Jiewa juga meyakinkan bahwa mengambil foto produk berkualitas lebih tentang kemampuan teknis, dan hanya sedikit pengaruhnya dari kualitas perangkat yang dipakai. “Saat ini kebanyakan smartphone kita sudah dilengkapi dengan lebih dari satu jenis lensa, dan ini sudah sangat membantu untuk mengambil foto produk yang baik,” ujarnya. Beragam teknik fotografi yang dijabarkan oleh Jiewa meliputi pemilihan sudut (angle) pengambilan foto, hingga penggunaan cahaya alami dan buatan terkesan sangat sederhana dan bisa dilakukan bahkan oleh para pemula sekalipun.


Pada akhirnya, foto produk hanya salah satu dari cara mengalirkan penghasilan bisnis. Setelahnya, penghasilan yang didapatkan tentu harus dikelola dengan bijak agar bisnis bisa terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, pemaparan dari Mery tentang pentingnya stabilitas dalam bisnis semakin melengkapi bahasan webinar. Berangkat dari teori cashflow quadrant dari Robert T. Kiyosaki, Mery meyakinkan bahwa jalan menjadi pebisnis sungguh sangat layak diperjuangkan untuk mencapai kebebasan finansial. Namun demikian, perlu kesadaran yang tinggi dari para pebisnis untuk mengalokasikan penghasilannya ke dalam pos-pos anggaran yang telah dibagi secara proporsional agar keseimbangan antara mencari dan memanfaatkan pendapatan dapat terwujud dan pada akhirnya memberikan ketenangan dalam menjalankan bisnis. Secara rinci, Mery menganjurkan agar ada sedikitnya 10% dari penghasilan yang dianggarkan untuk investasi. “Salah satu investasi yang sangat direkomendasikan adalah investasi ke dalam emas yang tidak hanya aman karena tahan inflasi, namun juga cocok untuk pemula. Apalagi investasi emas di Pegadaian yang sangat terjangkau karena dapat dimulai dari 0,01 gram atau setara Rp 9.000-an,” tuturnya.


Webinar ini adalah persembahan dari Foodizz bekerja sama dengan Pegadaian dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam rangka menciptakan lebih banyak pengusaha baru di sektor kuliner Tanah Air yang akan berdampak besar pada pertumbuhan perekonomian nasional.


Download Press Release disini:

PRESS RELEASE - Rahasia Teknik Foto Produk yang Mampu Dongkrak Penjualan Dibahas Tuntas -
.
Download • 331KB

3 views0 comments