Search
  • Foodizz CorCom Team

Online Kopdar 37, Foodizz Bagikan Pentingnya Bangun Kepercayaan Customer Dengan Halal


Potensi pasar produk halal dalam negeri sangat besar. Apalagi kini industri berbasis syariah semakin berkembang pesat di tengah besarnya jumlah populasi penduduk muslim di Indonesia serta kemudahan dalam memulai usaha. Kopdar yang digelar pada Selasa, 12 Juli 2022, pukul 19.00-21.00 WIB dengan tema Bangun Kepercayaan Customer dengan Halal” ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta di Zoom meeting dan ditonton lebih dari 700x di YouTube, membahas pentingnya sertifikasi halal untuk bisnis kuliner dengan menghadirkan Yeni Suryasusanti (Penyelia Halal, Konsultan Halal, Bendahara OK OCE Halal & Safety, Pendamping UMKM, Bendahara Natural Cooking Club), Ariguna Napitupulu (CEO Ardena Food, Ketua Banom F&B BPD Hipmi Jaya, Bendahara UMUM BPD APJI Jakarta), Bagus (Direktur PT Waroeng Steak Indonesia) dan Petty Widyanti (CEO Sarae Bakes) yang dimoderatori oleh Sarita Sutedja (Co-Founder dan GM Corporate Communication Foodizz).

Narasumber secara bergantian membagikan pengalamannya mulai dari mengapa membangun kepercayaan konsumen dengan halal itu penting, bagaimana isu halal pada saat ini, bagaimana potensi pasarnya, bagaimana proses pengurusan sertifikasi halal dan lainnya.

Potensi ekonomi syariah atau industri halal di Indonesia sangat strategis. Berdasarkan data Indonesia Halal Market Report tahun 2021/2022, Indonesia adalah pasar konsumen halal terbesar di dunia dengan nilai konsumsi produk halal mencapai 184 miliar dolar AS pada tahun 2020. Sementara nilai ekspor produk halal Indonesia mencapai US$ 8 miliar. Hal tersebut tentunya menjadi peluang emas untuk pebisnis kuliner mulai menggarap pasar halal.

Menurut Yeni, pengetahuan halal ini seharusnya menjadi penting karena aturannya sendiri sudah dibuat dalam undang-undang dan peraturan pemerintah. Banyak yang belum mengetahui bahwa pada tahun 2024 pebisnis kuliner wajib memiliki sertifikasi halal, dengan tujuan produknya dapat terstandarisasi dan di akui oleh lembaga-lembaga kompeten.


Ariguna juga menyampaikan perilaku konsumen yang semakin sadar dengan isu halal dan permintaanya yang meningkat. Dalam pelaksaannya memang tidak mudah, kita harus mengetahui titik-titik kritis halal secara mendalam namun saat ini sudah banyak lembaga yang memberikan informasi bahkan memberikan sertifikasi halal secara gratis.


“Untuk penerapan halal tentunya yang pertama betul-betul komitmen menerapkan hal ini, karena bukan hanya halal tapi juga toyyib. Harus memastikan dari mulai produksi, distribusi ke outlet hingga produk sampai di tangan pelanggan dengan kualitasnya yang tetap terjamin.” ujar Bagus.


Ayo mulai berkomitmen untuk mendaftarkan usahanya, agar mendapatkan banyak manfaat dan lebih berkah, pelanggan lebih tenang, nyaman, marketsharenya akan semakin besar. Mulai diurus ya, prosesnnya semakin mudah. Bisa di meningkatkan daya jual. Tutup Bagas mengakhiri kopdar kali ini.


Melalui kopdar kali ini, harapannya semakin banyak pebisnis kuliner yang menyadari pentingnya sertifikasi halal, dan pada akhirnya mulai menggarap pasar halal sehingga Indonesia nantinya bisa menjadi pemain utama, tak hanya sasaran pasar produsen industri halal dunia. Kopdar Online Foodizz ini adalah kegiatan talkshow virtual yang membahas topik-topik hangat dalam bidang kuliner, untuk memberikan informasi dan insight bagi Foodpreneurs. Kopdar dapat di saksikan ulang melalui Foodizz YouTube Channel berikut.



Press Release Kopdar 37 - Foodizz Bagikan Pentingnya Bangun Kepercayaan Customer Dengan Ha
.
Download • 706KB

6 views0 comments