Search
  • Foodizz CorCom Team

FOODIZZ KOPDAR 32: HINDARI BIAYA "SILUMAN"DI OUTLET KULINER

Updated: May 25


Saat memulai bisnis kuliner banyak sekali yang harus dipersiapkan. HPP dan Product Cost seringkali menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh pebisnis kuliner. Foodizz, perusahaan di bidang teknologi edukasi yang berfokus pada pendidikan bisnis kuliner di Indonesia, menggelar Kopdar Foodizz Online yang ke-32 secara GRATIS pada Kamis, 7 Maret 2022, pukul 15.30-17.00 WIB dengan tema “Menghitung Product Cost dan HPP”. Kopdar yang dihadiri oleh hampir 200 peserta dan ditonton lebih dari 700x di YouTube ini menghadirkan Angga Nugraha (Praktisi Bisnis Kuliner. F&B Serial Entrereneur & Mentor) dan Vincent Oktavian K. (Founder & CEO Aturkuliner) yang dimoderatori oleh Iqbal Firdaus (Curriculum Manager Foodizz).


Kopdar kali ini menjawab berbagai pertanyaan pebisnis kuliner terkait bagaimana agar presisi, tidak boncos, tidak ada biaya "siluman" yang tidak terdeteksi, harga yang tidak dimain-mainkan, hingga bagaimana agar profit lebih terjaga.


Angga berbagai pengalamannya saat menjalankan bisnis kuliner. Berbagai kendala dihadapi, seperti kesulitan dalam menentukan HPP, kenaikan harga bahan baku, supplier yang berbeda-beda dan lainnya. Padahal salah satu cost tertinggi di bisnis kuliner adalah HPP, sehingga jika tiba-tiba salah menghitung, menulis, atau salah rumus bisa mengakibatkan profit menjadi tipis malah bisa jadi rugi.


Menurut Vincent, satu pola konsisten banyak pebisnis kuliner, ketika menjalankan bisnis kulinernya sangat tidak melek angka. Bahkan lebih dari 90% menghitung HPP-nya masih salah. Padahal salah satu opportunity jika benar dalam menghitung HPP, bisa menjadi advantage atau kelebihan dari kompetitor.


Atur Kuliner menjadi solusi dalam mengitung juga mengeola HPP dan Product Cost. Tidak ada lagi kebocoran biaya yang diakibatkan oleh perhitungan HPP dengan modal feeling. Dengan Atur Kuliner pebisnis kuliner bisa fokus dengan hal lainnya seperti marketing, branding, team dan aspek-aspek penting lainnya. Atur Kuliner merupakan software untuk membantu para pebisnis kuliner di Indonesia agar bisnisnya berkelanjutan dengan memaksimalkan profitability-nya. Dimana dalam Atur Kuliner memiliki berbagai manfaat diantaranya; Semua pengelolaan berbisnis kuliner sudah tercatat pada system, HPP terkontrol dan dapat dipantau dari platform, Based on SOP, Cloud system, mudah digunakan dan lainnya.


“Saya yakin teman-teman pebisnis kuliner ingin bisnisnya lancar dan untung. Maka pastikan hal-hal yang bisa bikin kita ga untung itu dihindari, salah satunya dalam menghitung HPP, karena korelasinya langsung kepada keuntungan kita, jadi jangan pernah main main dengan hal ini. Ujar Angga.


“UMKM di Indonesia sangat banyak, setiap hari bermunculan pebisnis kuliner baru. Harapannya dengan adanya teknologi yang kami kembangkan, kita bisa jadi levelarge untuk temen-temen pebisnis kuliner yang belum punya previlage, resource, akses, hingga jejaring seperti brand yang sudah besar. Tutup Vincent mengakhiri Kopdar kali ini.

Pada tahun 2022 bisnis kuliner terus berkembang. Kompetisi berbisnis pun semakin ketat. Oleh karena itu, salah satu kunci yang penting untuk diadaptasi dan diimplementasikan yaitu teknologi. Kopdar Online Foodizz ini adalah kegiatan talkshow virtual yang membahas topik-topik hangat dalam bidang kuliner, untuk memberikan informasi dan insight bagi Foodpreneurs.


Kopdar Online Foodizz adalah kegiatan talkshow virtual yang membahas topik-topik hangat dalam bidang kuliner, untuk memberikan informasi dan insight bagi Foodpreneurs. Kopdar dapat di saksikan ulang melalui Foodizz YouTube Channel, atau melalui tautan berikut:




Download Press Release disini:

Press Release Kopdar 32 -Menghitung Product Cost dan HPP
.pdf
Download PDF • 392KB

13 views0 comments