Search
  • Foodizz CorCom Team

Foodizz Kenalkan Solusi UMKM dalam Membuat Laporan Keuangan Praktis di Online Kopdar 36


Laporan keuangan merupakan salah satu indikator yang akan menunjukan kredibilitas serta kompetensi bisnis di mata investor. Maka perlu sejak awal memiliki laporan keuangan yang rapih, ter-audit, kontinu juga disiplin. Kopdar yang digelar pada Jumat, 8 Juli 2022, pukul 19.00-21.00 WIB dengan tema “Laporan Keuangan Sangat Penting, Tapi Bikin Pusing! : Menyusun Laporan Keuangan Praktis dan Sederhana, Siap buat dibaca calon Investor dan Partner Bisnis” ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta di Zoom meeting dan ditonton lebih dari 700x di YouTube, membahas bagaimana pentingnya laporan keuangan untuk bisnis kuliner dengan menghadirkan Rex Marindo (Founder & Content Director Foodizz), Danis Puntoadi (Founder dan Chief Curriculum Officer Foodizz, Praktisi Bisnis Kuliner), Yudha Okky Pratama (CEO Delegasi) dan Adrian Maulana (CCO Delegasi) yang dimoderatori oleh Sarita Sutedja (Founder dan GM Corporate Communication Foodizz).


Fokus utama dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya bagaimana agar bisnis bisa terus mendapatkan keuntungan. Namun terkadang kita merasa bisnisnya ok, engga ada problem, omsetnya besar tapi profitnya engga ada dan pada akhirnya tutup.

3 Brutal Fact dalam Bisnis Kuliner.

  1. Omset gede tapi nombok terus setiap bulan sampai bangkrut

  2. Walaupun punya kas besar jadinya ga sadar 3 bulan udah gak punya uang.

  3. Ga bisa identifikasi kebocoran keuangan di bisnis yang sedang dijalankan.

Menurut Danis salah satu penyebabnya adalah tidak punya informasi keuangan yang benar dan lengkap, dan solusinya adalah memiliki laporan keuangan agar kita mengerti keuangan kita bergerak seperti apa. Berapa besar uang yang masuk, berapa besar uang yang kita pakai, bagaimana putarannya, siapa aja yang bersentuhan dengan uang, semua informasi tersebut kita harus paham.

“Pebisnis kuliner itu harus paham keuangan dan paham bikin laporannya secara konsisten mulai dari bisnisnya kecil sekalipun, agar bisa berkembang dan agar bisa menjadi besar.” Ujar Rex.


Delegasi yang merupakan asisten keuangan virtual untuk UMKM pertama di Indonesia, menjadi solusinya. Berbeda dari software akuntansi, Delegasi membantu UMKM untuk membuat laporan keuangan dengan mudah tanpa perlu input data sendiri.

  1. Cukup sekali beri akses POS dan online delivery platform

  2. Kirim foto nota belanja ke telegram tiap hari

  3. Kirim mutasi rekening via telegram tiap minggu

  4. Kirim catatan stock opname via telegram tiap bulan

Delegasi sebagai asisten keuangan sediakan highlight laporan keuangan, laporan laba/rugi – rincian beban, neraca, laporan arus kas, analisis bisnis, tren laba/rugi, perbandingan rasio biaya, profitabilitas berdasarkan channel penjualan, panduan menentukan target penjualan dan estimasi cash untuk ekspansi atau bagi hasil. Delegasipun memiliki layanan manajer keuangan dengan tambahan matriks menu engineering, tindak lanjut menu engineering, harga pokok penjualan (HPP) per menu, kontrol pemakaian bahan baku, pareto pemakaian bahan baku, analisis Break Even Point (BEP), Estimasi Pay Back Period (PP), dan Analisis Return on Investment (RoI).

Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat di www.delegasi.co


“Ketika kita menjalankan bisnis, angka itu harus menjadi panduan pada saat membuat perencanaan, mengeksekusi perencanaan, dan membuat decision. Karena angka itu seperti kompas yang bisa memberikan guideline sehingga tidak salah dalam membuat keputusan. Untuk bisa memahami angka dengan baik kita harus disupport dengan dashboard atau angka-angka yang benar, tepat juga akurat, dan teknologi adalah solusinya. Ujar Danis menutup kopdar kali ini.


Melalui kopdar kali ini, harapannya mampu menjawab kebutuhan pebisnis kuliner yang memiliki kebutuhan pencatatan dan penyajian Laporan Keuangan.

Kopdar Online Foodizz ini adalah kegiatan talkshow virtual yang membahas topik-topik hangat dalam bidang kuliner, untuk memberikan informasi dan insight bagi Foodpreneurs. Kopdar dapat di saksikan ulang melalui Foodizz YouTube Channel berikut.



Press Release Kopdar 36
.docx
Download DOCX • 1.33MB

4 views0 comments