Search
  • Foodizz CorCom Team

Dibanjiri Peserta, Foodizz Kopdar Online 21 Ajak Pelaku Bisnis Kuliner Pertajam Model Bisnis




Dihadiri hampir 400 peserta, Foodizz Kopdar (Online) 21: Business Plan & Pilihan Model Bisnis Kuliner” yg digelar Selasa, 26 Oktober 2021, pk. 18.30-20.30 WIB berjalan seru dan penuh insight. Menyambut tahun 2022 yang sudah di depan mata, banyak pelaku bisnis yang kebingungan dalam menyusun strategi dan taktik terbaru. maka Kopdar (Online) kali ini memberikan wawasan kunci mengenai pentingnya penentuan model bisnis yang tepat, serta pembuatan business plan dan mengupasnya dari aspek operasional, branding, hingga pendanaan yang penting untuk diketahui oleh mereka yang sudah lama berbisnis kuliner, maupun yang baru hendak memulainya. Menghadirkan 3 narasumber dari praktisi di bidang nya masing-masing, seperti: Danis Puntoadi (pelaku bisnis kuliner dengan pengalaman lebih dari 10 tahun), Andreas Resha (COO Hangry!), dan Akhmad Saeful (praktisi bisnis consumer goods dengan belasan tahun pengalaman di level intenasional), banyak hal menarik dibahas dalam Kopdar kali ini, mulai dari hal-hal fundamental seperti pengertian business plan, peran penting business plan yang banyak disepelekan pebisnis, hingga hal-hal yang harus diperhatikan saat menyusun dan mengeksekusinya. Pandangan dari Andreas Resha yang telah menjalankan model bisnis inovatif berupa cloud kitchen bersama Hangry! makin memperkaya diskusi tentang dinamika pengembangan model bisnis yang pada hakikatnya adalah untuk melayani konsumen dengan lebih baik lagi.


Bahasan Kopdar menjadi lebih mendalam saat Danis Puntoadi memberikan gambaran pendekatan yang lebih sederhana dalam merancang business plan yang sangat memadai untuk diimplementasikan bagi kalangan pelaku UMKM. Semuanya dapat dimulai dari riset sederhana untuk mengenali peluang yang tengah berkembang saat ini, kemudian membaca prospek pengembangannya di masa depan, didetilkan dengan target pencapaian omset yang ingin diraih, cara-cara untuk mencapainya, mengukur kapasitas internal baik dari segi sumber daya manusia serta faktor pendukung lainnya, dan mengalokasikan kebutuhan anggaran serta melihat kemungkinan untuk melibatkan pihak ketiga jika memang diperlukan.


Akhmad Saeful turut memberikan benang merah bahwa dalam pengembangan business plan dan model bisnis, ada segitiga bisnis yang harus selalu ditanamkan di dalam mindset setiap pengusaha: (1) purpose, yaitu tujuan dalam membangun bisnis sebagai pondasi jangka panjang, (2) people, yaitu sumber daya manusia sebagai kunci operasional di setiap aspek bisnis, serta (3) process, yakni area di mana kreativitas dan komunikasi banyak memainkan peran kunci.


Kopdar juga tak luput dari pesan inti bahwa pemahaman mengenai model bisnis dan business plan adalah kunci yang wajib dimiliki setiap calon pengusaha sukses. Sebagaimana diungkapkan oleh Akhmad Saeful, “Ada pendapat bahwa jalan menuju sukses itu banyak polanya dan tidak harus sama antara satu pengusaha dengan pengusaha sukses lainnya. Tapi pola menuju gagal itu seringkali sama, salah satunya adalah dengan tidak memiliki business plan!”


Kopdar Online Foodizz ini adalah kegiatan talkshow virtual yang membahas topik- topik hangat dalam bidang kuliner, untuk memberikan informasi dan insight bagi Foodpreneurs. Foodizz Kopdar (Online) 20 dapat di saksikan ulang melalui Foodizz YouTube Channel, atau melalui tautan berikut:


Download Press Release disini:

[Press Release] - Dibanjiri Peserta, Foodizz Kopdar Online 21 Ajak Pelaku Bisnis Kuliner P
.
Download • 450KB

14 views0 comments